Arsip

Followers

Cara Membuat File PDF Dengan doPDF

Seperti yang sudah saya tulis di artikel saya sebelumnya bahwa membuat file PDF (Portable Document Format) merupakan hal mudah yang bisa dilakukan dengan berbagai software. Berbagai software ini tersedia dilapak-lapak software bajakan dan gratis. Caranya pun sangat mudah, cukup kamu telusuri dengan om google maka kamu akan menemukan bermacam-macam software ini. Sayangnya tidak banyak yang mengetahuinya. Oleh karena itu, saya akan menambah artikel lagi about cara membuat file PDF tentunya, kali ini adalah bagaimana membuat file PDF dari dokumen Word. Saya akan menggunakan software doPDF yang tentunya gratis alias GPB (gk pake bayar).

Beberapa hal yang harus Anda siapkan adalah :

* Dokumen Word yang berisi teks atau gambar sebagai bahan percobaan,
* Program yang mampu “mengubah” file Word menjadi PDF, yaitu doPDF. Jika Anda belum punya maka download dulu di sini,
* Walaupun mudah namun anda tetap harus teliti , dan tentunya anda harus siap dan tegar jika mengalami kegagalan dalam membuat file PDF ini. Tapi kemungkinan kegagalan hanya 1%, yaitu karena mati lampu.
* Anda harus mencari pw (posisi wenak) untuk membaca langkah-langkah yang saya berikan, sehingga anda cepat paham alias mengerti.
* Supaya anda lebih konsentrasi gk ada salahnya anda sediakan minuman dingin (softdrink) dan atau snack secukupnya (cukup untuk anda dan saya tentunya)...........................
* Terakhir anda harus ekstra sabar dalam membaca artikel ini karena saya akan berkata (Maaf sudah ngelantur ngalor ngidul...iklan dulu donk..... peace man !!!!!!).

Oke Mari kita mulai project kita...

Jika sudah mendownload program instalasi doPDF, segera instal program tersebut ke dalam komputer atau hardisk anda. doPDF akan membuatkan Anda sebuah printer virtual yang nanti bertugas menghasilkan file PDF. Sekarang buka dokumen Word Anda yang berfungsi sebagai “pengolah kata”-nya. Kemudian print halaman tersebut dengan menekan Ctrl+P. Kemudian akan keluar jendela untuk memilih printer. Disini anda nggak boleh salah, pilihlah doPDF sebagai printernya dan bukan printer yang biasa anda gunakan jika akan print dokumen anda. Silahkan lihat gambar di bawah ini sebagai gambaran.


Klik OK, kemudian akan keluar sebuah jendela lagi. Di jendela ini kita akan menentukan lokasi penyimpanan file, sekaligus menentukan nama filenya. Jika sudah beres klik OK. Maka sekarang file PDF Anda sudah jadi.


Dan cara ini tidak hanya bisa dilakukan pada program word, tapi juga bisa dilakukan dengan program lain seperti notepad, Powerpoint, Excel, dan program lain yang terintegrasi dengan printer. Caranya sama yaitu print file yang ingin dijadikan PDF, tapi jangan lupa untuk mengganti printernya dengan doPDF.

Demikian artikel sederhana dari saya mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih

Lihat artikel saya yang lain

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Cara Membuat File PDF Dengan doPDF”

Post a Comment

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id