Arsip

Followers

Tips Menghadapi Ujian

Tips Jitu Menghadapi Ujian TIK

Ujian kompetensi TIK ini sangat bermanfaat buat kamu sebagai dasar dari sertifikasi kalau kamu bekerja yang memanfaatkan komputer sebagai alat bantu bekerja di jaman teknologi ini. Dimana sertifikat ini akan sangat berguna di dalam dunia kerja, karena berlaku secara Nasional. Sertifikasi ini menjadi tolok ukur yang jelas atas kemampuan seseorang dalam mengoperasikan komputer di bidang pengolahan kata, pengolahan angka, dan penyajian informasi.

Nah, buat kamu yang nanti akan ikutan uji kompetensi TIK simak 5 tips jitu lulus uji kompetensi TIK berikut.

1. Pelajari dan Pahami

Pelajari dan pahami semua soal yang didapat ketika try out dilaksanakan, jangan ragu untuk bertanya jika ada bagian yang sulit dimengerti dan selalu latihan pada bagian yang belum kita kuasai, contoh : Mailmerge pada word, sum if dan hlookup pada excel serta custom animation pada power point.

2. Terus Berlatih

Teruslah latihan dari soal try out yang diberikan, khusus soal praktek lakukan penyesuaian terhadap soal-soal baru, dan perkaya jenis soal yang bermacam-macam tipe.

3. Jangan Berharap Ada Malaikat Penolong

Pada saat ujian pastilah kamu akan menghadapi teman-teman yang meminta pertolongan atau bantuan kamu. Ingat kita harus mementingkan diri sendiri dan mendahulukan pekerjaan kita, karena waktu ujian sangat singkat terlebih kita harus menyelesaikan semua soal dari awal sekali. Ingat kerjasama tidak diperbolehkan disini, jadi jangan berharap ada malaikat penolong yang membantu kamu ketika ujian nanti, daripada membuang waktu menunggu bantuan, mending untuk menghemat waktumu jawab dulu soal-soal yang lebih mudah baru berusaha mengerjakan sendiri soal-soal yang belum terjawab.

4. Cerdik dan Pandai Memanfaatkan waktu

Waktu sangat berharga dalam pelaksanan ujian nanti, kamu sekalian tidak akan terasa ketika disuruh mengerjakan soal khususnya pada praktek, jadi saya sarankan untuk soal WP, SS, PP lakukan pengetikan naskah terlebih dahulu tanpa memperhatikan format, pengaturan halaman dan lain-lain, jadi jika ketikan naskah sudah selesai baru berlanjut ke formating,dan pengaturan sesuai dengan petunjuk soal

5. 2C, cek dan cek lagi

Kroscek kembali hasil pekerjaan kamu mulai dari header dan footer yang diminta, format penyimpanan nama file hasil pekerjaan kamu dan print pdf-nya, pastikan dan cocokan hasil pekerjaan anda sama dengan hasil yang ada disoal

Semoga tipsjitu ini bisa membantu kamu sukses ujian kompetensi.


ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Tips Menghadapi Ujian”

Post a Comment

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id