Arsip

Followers

Mempercepat Loading Mozilla Firefox

Setelah anda baca postingan sebelumnya mengenai mempercepat loading Mozilla Firefox dengan software tambahan, kini saya akan bahas Cara Mempercepat Loading Firefox dengan menginstal Extension khusus untuk Mozilla Firefox. Namanya Fasterfox, anda bisa cari di google mengenai Extension ini, namun berikut saya bahas sedikit.

>>Fasterfox adalah plugin / extension khusus untuk mozilla firefox anda dimana dapat mempercepat koneksi anda dengan melakukan optimasi setting network anda yang salah satunya dengan proses ‘cache‘.
Sebenarnya apa itu cache? Cache merupakan koleksi kumpulan data sebelumnya yang disimpan sementara dalam computer anda. Sewaktu anda browsing internet maka berbagai data akan otomatis disimpan browser dalam bentuk cache. Dengan adanya cache maka telah disediakan sebuah ‘temporary storage’ yang menyimpan data-data yang telah diakses browser anda sebelumnya.

Fungsinya cache untuk apa?
Cache ini menguntungkan bagi browser anda sewaktu akan membuka halaman yang sama di kemudian hari. Selama cache nya ada dan disimpan oleh browser anda, maka data yang sama akan dibaca lebih cepat, dan akan di load lebih cepat pula, sehingga akan menghemat waktu / proses loading time browser firefox anda.

Fasterfox melakukan optimasi setting network meliputi antara lain:
- HTTP pipelining
- Memory caching
- Disk caching
- DNS caching
- FastBack caching

FEATURES Fasterfox apa saja ?
(from OFFICIAL webnya di http://fasterfox.mozdev.org/)

- Prefetch Links
Dynamic speed increases can be obtained with Fasterfox’s unique prefetching mechanism, which recycles idle bandwidth by silently loading and caching all of the links on the page you are browsing.
- Tweak Network
Fasterfox allows you to tweak many network and rendering settings such as simultaneous connections, pipelining, cache, DNS cache, and initial paint delay.
- Page Load Timer
A millisecond accurate page load timer tests the effectiveness of your settings.
- Block Popups
A popup blocker for popups initiated by Flash plug-ins is also included.
- Locales included for Chinese, Czech, Dutch, English, Finnish, French, Frisian, German, Hebrew, Hungarian, Italian, Japanese, Korean, Lithuanian, Polish, Portuguese, Russian, Slovak, Slovenian, Spanish, Swedish, Turkish and Ukrainian.

>> Keuntungannya selain melakukan proses cache yang dapat membantu browser untuk loading lebih cepat, tersedia pula beragam feature yang lainnya seperti block popus. Lalu ada pula feature ‘page loading timer’, dengan feature ini maka akan ditampilkan semacam ‘timer’ dibawah browser mozilla firefox anda selama membuka suatu halaman / loading page. Anda bisa tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka suatu halaman friendster anda misalnya. Tidak perlu dihitung dalam hati atau dikira-kira lagi.

Tentang Link Prefetching:
Dynamic speed increases can be obtained with the unique prefetching mechanism, which recycles idle bandwidth by silently loading and caching all of the links on the page you are browsing.

>>Perlu dicermati masalah ‘link prefetching’, proses ini sebenarnya sudah menjadi standard bagi berberapa web browser, yakni dengan mendownload data link-link yang ada dalam suatu halaman web yang kemungkinan akan di kunjungi oleh pengguna selanjutnya . Data-data tersebut akan disimpan dalam bentuk cache. Sehingga akan mempercepat loading apabila nanti dikunjungi. Proses ini dilakukan saat-saat idle. Jadi mungkin akan ada sedikit bandwith yang dicurahkan disini, tetapi dengan imbalan akan mempercepat loading page tersebut. Keterangan lebih rinci selanjutnya mungkin dapat dibaca di : http://en.wikipedia.org/wiki/Link_prefetching.

Oya tentang tweak mozilla dengan ‘http pipelining’ yang dulu pernah saya baca, Sebenarnya Fasterfox ini sudah meng-apply edit settingan macam tersebut yang mungkin sudah familiar bagi para tweaker internet speed. Entah di forum apa dulu saya pernah membacanya sebagai berikut: (cmiimw)

Dalam about:config browser di setting sbb: network.http.pipelining > true , network.http.proxy.pipelining > true , network.http.pipelining.maxrequests > 32 , new integer > nglayout.initialpaint.delay > 0. dan tinggal restart, mungkin ada lagi lainnya yg HW sendiri lupa..

Tapi tidak perlu kuatir dan penasaran dengan kelupaan saya tersebut..hehe karena Seperti ada pada penjelasan diatas, Dengan menginstall Fasterfox, anda tidak perlu lagi melakukan editing manual seperti diatas karena fasterfox sudah menerapkan setting http pipelining tersebut untuk anda. Jadi tidak perlu repot-repot lagi.

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Mempercepat Loading Mozilla Firefox”

Post a Comment

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id