Arsip

Followers

Cara Setting Warnet Speedy

Membangun Warnet Berbasis Windows Xp
Dunia internet saat ini memang sangat membooming. Tercatat pengguna internet di indonesia pada tahun 2001 mencapai 2 juta orang ( data diambil dari APJII ). Hal ini merupakan potensi bisnis besar bagi anda yang memang tertarik bisnis melalui jalur internet, khususnya pembangunan warnet, atau bisnis lain yang berbasis internet atau Bisnis Online.

Maka dari itu, saya akan sedikit berbagi ilmu dan pengalaman saya dalam hal pemasangan dan pembangunan warnet. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu tentang pembangunan warnet dengan sistem operasi berbasis windows xp, dikarenakan mungkin pengguna komputer indonesia masih sangat awam mengenai sistem operasi lain selain windows, katakanlah linux, unix, ataupun yang lainnya, mungkin dalam kesempatan yang akan datang saya juga akan memberikan tutorial tentang pembangunan warnet berbasis sistem operasi linux.

Pertama sekali yang anda harus persiapkan adalah tentang desain penempatan tata letak komputer dalam warnet itu sendiri dan persiapan akan hardware - hardware jaringan yang akan dipakai nantiny. Hal ini akan memudahkan anda nantinya untuk pemasangan media - media jaringan di warnet anda.Spesifikasi:
1 komputer server ( server ini nantinya akan menjadi gateway dan server billing di warnet ).
7 komputer client
1 Cisco Catalyst ( switch ) 16 port. Switch ini akan menjadi media penghubung antar komputer di warnet.
kabel utp dan RJ - 45 secukupnya
modem eksternal adsl ( Biasanya disertakan di paket warnet speedy )
koneksi internet speedy
Sistem operasi Windows XP Professionl sp 3

Setelah anda persiapkan semua itu, kita akan memulai langkah pengerjaanya.
Pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungkan semua komputer yang ada di warnet menggunakan kabel utp straight untuk hubungan komputer dengan switch, sementara untuk server dengan modem anda juga harus menggunakan kabel utp tipe straight.
Setelah semua komputer diberi ip address dan telah terhubung dengan baik ( pengetesan denga cara mengetikan perintah ping di semua komputer yang tehubung ke seluruh ip address komputer lainnya. Apabila muncul reply....... maka komputer telah terhubung, atau apabila muncul Request time out atau destination host unreachble, kemungkinan ada masalah di pengkabelan atau di firewall komputer.) hal yang kedua anda lakukan adalah mensetting modem anda, sehingga komputer server dapat dengan baik berhubungan dengan internet.

Dalam kesempatan ini saya tidak akan menjelaskan tentang setting modem, karena saya rasa untuk setting tersebut anda hanya perlu melihat buku petunjuk dari modem itu sendiri.
Setelah berhasil, lakukan pengetesan hubungan internet komputer server, misalnya dengan memanggil google.com di browser anda. Apabila koneksi komputer server dengan internet telah berjalan dengan baik, saatnya anda mensetting komputer server dan client anda. Komputer server anda harus diset menjadi gateway untuk komputer client, sehingga komputer client dapat terkoneksi dengan internet dengan menggunakan ip komputer server, dengan cara :

Setting Identitas Komputer Server
Yang harus anda lakukan adalah melakukan pengesetan nama komputer server, workgroup, dan network id, hal ini dapat dilakukan dengan cara :
Klik tombol start => Klik kanan pada icon my computer => pilih properties, sehingga muncul gambar seperti di bawah ini.

Pilih computer name kemudian klik tab change untuk mengganti nama komputer server, hal ini berguna untuk mempermudah anda untuk pencarian gateway untuk komputer client nantinya selain dengan ip address. Isikan namanya sementara untuk yang lainnya biarkan secara default dulu, kemudian ok.

Setelah itu anda akan kembali ke jendela computer name kemudian pilih network id, untuk setingan informasi tentang jaringan anda. maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. pilih next untuk melanjutkan.

Kemudian pilih opsi this computer is part of a bussiness network, and i use it to connect to other computers at work kemudian pilih next.

Kemudian pilih opsi my company uses a network without domain kemudian next.

Kemudian akan muncul pemberian nama workgroup, workgroup bisa dibilang sebagai identitas jaringan komputer anda, maka anda bisa mengisikannya dengan nama warnet anda. Kemudian pilih next.

Setelah itu pilih finish dan komputer akan meminta restart. restart komputer anda untuk melanjutkan.

Setting Waktu Komputer Server
Untuk melakukannya anda cukup double click di pojok kanan toolbar anda ( informasi jam ) kemudian pilih internet zone, pastikan koneksi internet anda sedang hidup. kemudian pilih update now, dan tunggu beberapa saat hingga selesai.

Setelah itu anda pilih time zone untuk menset wilayah gmt waktu anda, untuk indonesia pilih (GMT+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. kemudian ok.

Setting Internet Connection Sharing ( ICS ) komputer server
Hal ini dilakukan agar semua komputer client di warnet anda diberi izin untuk mengakses internet melalui ip komputer server ( gateway komputer client ). Caranya adalah
klik start => control panel => network and internet connection => network connection.
sehingga muncul gambar dibawah ini. sebaiknya anda merubah nama setiap interface nic server untuk memudahkan perawatan atau troubleshooting, misalnya untuk koneksi ke modem kita beri nama public dan untuk koneksi ke switch kita beri nama local.

kemudian klik kanan pada nic public dan pilih properties => pilih tab advance.
beri tanda checklist pada pilihan Allow other network users to connect through this computer internet connection. kemudian ok.

maka akan muncul pernyataan bahwa interface local anda akan diset ip address nya menjadi 192.168.0.1 yang akan menjadi default gateway komputer client, maka apabila komputer client mempunyai ip static, anda harus mengesetnya menjadi obtain an ip address automatically pada komputer client atau merubah ip nya menjadi 192.168.0.2 sampai 192.168.0.254. kemudian pilih yes untuk melanjutkan.

Sampai sini anda telah membuat sebuah gateway bagi komputer client warnet anda.

Network Setup
Hal ini berfungsi untuk mengaktifkan izin ICS yang telah kita buat, pastikan hubungan internet anda aktif selama konfigurasi ini, caranya adalah
pilih start=>control panel=>network and internet connection=>network setup wizard. Sehingga akan muncul gambar di bawah ini. kemudian pilih next.

Setelah itu pilih opsi this computer connects directly to the internet. the other computers on my network connect to the internet through this computer.
Tetapi untuk di komputer client pilih opsi this computer connects to the internet through a residential gateway or through another computer on my network. kemudian next.

Kemudian pilih interface yang dijadikan hubungan ke internet maka kita pilih interface public. Sementara untuk komputer client pilih koneksi yang terhubung ke switch, itupun apabila komputer client memiliki 2 nic, tetapi apabila hanya satu, jendela konfirmasi ini tidak akan muncul. kemudian next.

Kemudian isikan computer name dengan nama komputer yang telah kita buat di my computer properties, kemudian next.

Kemudian isikan nama workgroup dengan nama workgroup yang telah kita buat di my computer properties. kemudian next.

Kemudian akan muncul pilihan untuk mengaktifkan sharing file dan printer, pilih opsi pertama untuk mengaktifkan, atau opsi kedua untuk mematikan. kita pilih opsi pertama kemudian next.

tunggu hingga windows selesai meng apply konfigurasi.

pilih opsi terakhir kemudian next dan finish.

Hal yang sama anda lakukan di semua komputer client perbedaanya hanya di network setup tadi yang telah saya sebutkan.

Sumber: Blog sebelah

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Cara Setting Warnet Speedy”

Post a Comment

Kirim ke Halaman Saya

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id