Arsip

Followers

Cara Mudah Membuat File PDF

Anda ingin membuat file PDF? tapi tahukah anda apa artinya file PDF itu ? bagi anda yang belum pernah menjamah file PDF adalah file dokumen portable, yang bisa dibuka dengan komputer apa saja, dari linux, unix sampai dengan Mac, apa lagi windows, bajakan pun bisa digunakan untuk membuka file ini. Asalkan ada PDF readernya. File dokumen ini bisa berisi apa saja, mulai dari gambar, text, tabel bahkan yang terbaru kita bisa menyisipkan video 3D pada file pdf. File PDF bisa dibuat dengan Acrobat Profesional miliknya Adobe Inc, namun hal ini jarang dilakukan, selain berat untuk komputer anda, program ini juga mahal harganya. Makanya banyak bermunculan softwaare-software untuk membuat file pdf ini. Setiap software menawarkan alternatif mudah, murah bahkan gratissss dan tentunya cepat.

Walaupun membuat file pdf sudah sangat umum dan mudah dilakukan, namun kenyataannya saya banyak mendapat keluhan dan pertanyaan tentang cara membuat file pdf ini. Untuk itu berikut akan saya ulas sedikit tentang cara membuat file PDF dengan mudah dan cepat.
pada kesempatan ini saya menggunakan software gratis dari http://www.mrbass.org/freeware/pdfcreator/ untuk membuat file PDF, alasan mengapa saya gunakan software gratis karena saya suka yang gratis-gratis.

Spesifikasi komputer yang saya gunakan adalah:

  1. Prosessor: Intel Pentium M 1500 MHz
  2. Memory: Sekitar DDR 256 MB sudah memadai
  3. OS: Microsoft Windows XP Profesional

Berikut prosedur yang harus dilakukan:

Langkah pertama adalah anda men-download softwarenya. Silahkan kunjungi situs dari http://www.mrbass.org/freeware/pdfcreator/. Silahkan download file PDFCreator-0_8_0_GNUGhostscript.exe.

  • Install Software PDFCreator-0_8_0_GNUGhostscript.exe

Install software yang baru anda download dengan cara klik 2 kali. Pilih bahasa yang digunakan, saat ini hanya ada 2 pilihan bahasa yaitu Inggris dan Belanda, jalankan sesuai dengan perintah yang ada, ikuti semua petunjuknya pada setiap langkah sampai dengan FINISH.

Setelah selesai install pada point 2 diatas, saya sarankan untuk menginstall Patch yang telah disediakan dengan cara download Patch02-PDFCreator-0_8_0.exe. Install Patch seperti pada point 2.

Untuk cara setting nya di komputer anda silahkan klik disini

  • Jalankan program

Jalankan program yang telah anda install, caranya klik START - All Programs - PDFCreator - PDFCreator. Kemudian akan muncul windows baru, klik document - add pilih file yang akan dijadikan PDF kemudian akan muncul windows baru lagi dan tekan SAVE.

Lihat petunjuk

Cukup mudah bukan? PDFCreator bukan satu-satunya software yang dapat digunakan untuk membuat file PDF, software ini hanyalah satu pilihan dari sekian banyak pilihan software yang ada di internet, silahkan search di GOOGLE jika ingin mencoba-coba software yang lain.

Adobe Reader 7 dapat juga digunakan untuk membuat file PDF, tetapi Adobe Reader 7 sekarang sudah mulai menggunakan lisensi, dan ini tentunya akan membuat anda karena harga lisensi yang mahal. Selain itu membuat file pdf juga dapat juga menggunakan OpenOffice baik versi Linux maupun Windows.


ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Cara Mudah Membuat File PDF”

Post a Comment

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id