Arsip

Followers

Cara Membuat File PDF di Linux

Oke jumpa lagi dengan saya di Tips Ekstra by Cah Semarang dot com. Kali ini saya akan mencoba menulis artikel tentang cara membuat file PDF di SO (Operating System) Linux. Kalau kemaren di artikel-artikel saya sebelumnya saya menulis tentang cara membuat file PDF di SO Windows dari Microsoft empunya om Bill Gates itu, maka supaya adil saya akan menulis cara membuatnya di Linux yang merupakan SO Open Source.
Nah sebelumnya saya ucapkan selamat kepada anda yang menggunakan Operating System berbasis Linux. Kenapa ???????????, karena anda akan lebih mudah membuat file PDF daripada di Windows. Perbedaannya adalah jika anda memakai Windows maka anda harus menggunakan software tambahan untuk membuat file PDF, so anda mesti kudu dan harus mendownload terlebih dahulu, tapi jika anda menggunakan Linux anda tidak perlu menggunakan software tambahan untuk membuat file PDF alias langsung aja layaknya anda mengetik di Word atau Excel.
Baiklah jika anda sudah penasaran lebih baik kita mulai saja. Silahkan anda perhatikan langkahnya.

  • Untuk percobaan saya menggunakan SO Linux 3DOS.
  • Buatlah dokumen anda di Word, ehh Openoffice org.word maksudnya atau saya sebut Word-nya Linux. Atau di Excel-nya Linux juga bisa tergantung anda mau membuat file dalam format apa.
  • Atau jika dokumen anda sudah siap anda tinggal buka saja dari komputer anda atau dari flashdisk anda.
  • Disinilah perbedaanya, saat anda sudah yakin dokumen anda sudah selasai 100 % anda klik File lalu Export as PDF. Lihat gambar di bawah ini


















  • Lalu akan muncul jendela Setting seperti berikut. Anda bisa mengisi Setting semau anda, jika sudah klik Export


















  • Langkah selanjutnya ialah selesai, silahkan save dokumen anda


















  • Terakhir klik ok dan jadilah file PDF anda. Cukup mudah bukan, tanpa software tambahan anda sudah bissa membuat file PDF kapan saja. Sekarang anda coba anda buka file yang anda save tadi dan lihat hasilnya.

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Cara Membuat File PDF di Linux”

Post a Comment

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id