Arsip

Followers

Belajar SEO, Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

Belajar SEO itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi tidak juga sesulit merakit pesawat terbang. Menurut saya pekerjaan yang paling penuh tantangan dalam membangun dan mengembangkan web atau blog adalah Belajar SEO. Kenapa demikian? Karena banyak sekali faktor-faktor penentu SEO ini, untuk itu kita jangan ragu untuk Belajar SEO, walaupun gampang-gampang susa.

Apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah kiat atau teknik yang digunakan untuk melakukan optimasi search engine agar web atau blog terindex oleh mesin pencari atau Search Engine dan mendapat peringkat rangking di mesin pencari tersebut. SEO ini sangat penting karena bisa mendatangkan pengunjung secara gratis melalu mesin pencari, ujung-ujungnya kesempatan mendapatkan uang dari internet akan lebih besar. Iklan yang dipajang dan produk yang dijual mempunyai peluang lebih besar kalau situs Anda terindek di halaman pertama mesin pencari. Sasaran inilah yang ingin kita capai dengan Belajar SEO ini.

Modal awal teknik Belajar SEO ini adalah Riset Online. Karena sebelum menerapkan teknik SEO, diperlukan riset untuk mengetahui Target Pengunjung, Kata Kunci yang tepat, Pesaing dan faktor lainnya. Setelah mendapatkan hasil riset online ini, baru melakukan tahapan teknik SEO. Tahapan SEO ini bisa dibedakan 2 tahapan penting, yaitu teknik SEO On-Page (pengoptimisasian pada situs) dan teknik SEO Off-Page (pengoptimisasian di luar situs).


SEO On-Page

Tahapan pertama dalam Belajar SEO adalah Belajar SEO On-Page. SEO On-Page ini merupakan teknik pengoptimisasian pada blog sendiri. Hal-hal yang termasuk dalam SEO On-Page ini secara garis besarnya adalah Keyword (kata kunci), Meta Tags dan Isi Situs (konten). Saat crawl search engine mengindex sebuah web atau blog, maka Search Engine akan mencari faktor-faktor pada setiap halaman situs antara lain:

  • Title atau Judul Situs
  • Meta Tags
  • Heading (Memakai huruf Besar)
  • Konten (Isi situs), bisa artikel atau gambar. Konten memuat kira-kira 5% kata kunci.
  • Footer
  • Internal Link (link yang bertautan dengan halaman lain situs yang sama)
  • URL (alamat situs / alamat halaman situs)
  • Sitemap

Lakukan optimisasi terhadap faktor-faktor di atas, usahakan mengandung kata kunci yang dibidik. Hal ini membantu peng-index-an situs sehingga meningkatkan peluang datangnya pengunjung melalui mesin pencari. Namun demikian ini baru tahapan pertama dalam Belajar SEO, masih ada lagi faktor yang sangat menentukan yaitu SEO Off-Page. Untuk itu juga Anda harus mau Belajar SEO Off-Page.

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Belajar SEO, Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog”

Post a Comment

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id