Arsip

Followers

Cara Membersihkan Catridge

Masalah terbesar pada printer adalah di catridge, catridge sering rewel itu wajar karena sangat sensitif. Banyak hal yang membuat catridge tak mau mencetak salah satunya adalah saat salah satu catridge anda tidak terdeteksi oleh printer, mengenai masalah ini saya sudah bahas pada salah satu posting saya kemarin. Kali ini saya akan membahas mengenai printer yang mau mencetak tapi hasilnya tidak seperti yang kita inginkan, hasil dari cetakannya bergaris, lompat-lompat, atau salah satu warnanya tidak keluar.
Hal tersebut terjadi karena adanya penyumbatan di bagian head printer sehingga tinta tidak keluar dengan sempurna. Bisa juga karena tinta yang ada di dalam catridge kering atau mengeras karena terlalu lama tidak terpakai.
Menghadapi masalah cartridge yang kering karena sudah lama tidak terpakai banyak sekali caranya, saya akan coba dengan cara yang pernah saya coba dan berhasil. Dalam hal ini saya menggunakan catridge 60 tri color karena saya menggunakan printer HP F2410.
Langkahnya sebagai berikut:



1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti pisau, lap bersih, tisu, air, dan sarung tangan karet jika anda tidak mau belepotan terkena tinta.
2. Lepaskan cartridge dari printer.
3. Kuras isi cartridge menggunakan suntikan.
4. Gunakan pisau untuk membuka penutup cartridge bagian atasnya. Congkel pelan2 dari pinggir memutar sampai tutup cartridge terlepas (jangan sampai pinggirnya retak!!)
5. Jika sudah terlepas ambil ketiga gabus atau busa yang ada di dalam cartridge lalu cuci menggunakan air hangat sampai putih bersih.
6. Ambil air panas secukupnya disarankan menggunakan mangkuk plastic yang agak lebar biar leluasa.
7. Ambil air panas tersebut menggunakan suntikan sampai penuh lalu semprotkan pada bagian dalam cartridge sekuat-kuatnya. Diamkan beberapa detik (ulangi kira-kira 5 – 7 kali).
8. Keringkan dengan bantuan sinar matahari.
9. Setelah kering masukan kembali ketiga gabus yang sudah dicuci bersih dan isi tinta kemasing-masing tempatnya menggunakan suntikan jangan terlalu penuh, tempelkan tisu dibagian headnya , lihat apakah ketiga warna sudah ada di kertas tisu? Jika masih ada tinta yang tidak muncul coba ulangi lagi langkah 7.
10. Jika semua tinta sudah terlihat di kertas tisu berarti sudah lancar, sekarang tinggal memasukkan ketiga gabus yang sudah dicuci bersih ketempatnya masing-masing.
11. Tutup kembali cartridge sampai rapat, gunakan GLUE GUN kalo ada yang agak sedikit retak.
12. Pasang cartridge ke printer dan nyalakan.
13. Sekarang coba dengan menggunakan WORD atau POWER POINT ketik dengan tulisan berwarna misalnya MERAH, KUNING, HIJAU, MAGENTA dsb.
Semoga anda berhasil membersihkan catridge anda.

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Cara Membersihkan Catridge”

Post a Comment

Kirim ke Halaman Saya

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id