Arsip

Followers

Cara Mereset Catridge HP

Cerita berawal ketika tiba-tiba printer saya tidak mau ngencetak, saya pakai printer HP F2410 3 in 1 dengan catridge 60 black dan 60 tri color. Lampu indikator hanya berkedip-kedip tak mau mencetak, memang hal ini sudah biasa saya alami karena catridge saya memang sudah beberapa kali tertusuk jarum saat merefil tinta tapi kali ini semua langkah yang biasa saya lakukan tak dapat membuat printer tersebut takluk dan terus membuat masalah.
Meski saya sudah rendam berkali-kali dengan air hangat, saya lap dengan tisu, saya cabut kabel power maupun USB, tetap saja belum bisa. Sampai akhirnya karena lagi banyak kerjaan saya putuskan untuk membeli catridge baru, masalah catridge yang rewel bisa diatasi nanti dan toh kalau sudah bener kan bisa buat cadangan.
Saya putuskan membeli catridge yang color dan setelah saya pasang ternyata printer bekerja dengan baik, ini berarti catridge 60 tri color saya yang bermasalah. Setelah semua project saya telah selesai dan sudah tercetak semua, kini saya kembali mengotak atik printer saya. Dengan bantuan paman Google akhirnya dapat memecahkan masalah saya. Ternyata dengan mereset catridge tersebut masalah saya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Reset cartridge HP :

  • Pertama tutup dengan selotip titik2 pada catridge yang berwarna Biru. (berapa titik yang ditutup tergantung type catridge)
  • Buka tutup printer lalu masukan catridge pada printer. Tutup kembali
  • Biarkan beberapa saat, jangan kaget jika catridge anda tidak terdeteksi oleh printer karena tertutup selotip.
  • Buka kembali catridge dan cabut selotip yang menempel
  • Tutup titik2 yang berwarna Hijau dengan selotip
  • Buka tutup printer lalu masukan catridge pada printer. Tutup kembali
  • Buka kembali catridge dan cabut selotip yang menempel
  • Catridge sudah bisa digunakan.
Jika langkah tersebut belum membantu lakukan langkah berikutnya:
Reset Printer HP Permasalahan : Printer HP kebanyakan punya penyakit blink setelah diganti-ganti cartridge. Jadi pada suatu saat printer tidak akan bisa diganti cartridge walaupun dengan yang baru. Masalah blink ini sudah banyak terjadi pada HP A3, seperti HP 1180c dan HP 1220. Cara mereset printer :
  • Masukan catridge yang dianggap bagus (printer masih kondisi blink)
  • Matikan printer
  • Tekan dan tahan tombol power sampai head bergerak lalu lepas
  • Apabila catridge bagus blink langsung hilang. Printer sudah dpt digunakan
  • ARTKEL TERKAIT



    Komentar :

    ada 0 comments ke “Cara Mereset Catridge HP”

    Post a Comment

    Zona On Facebook

    Populer

    Aneka Bisnis

     
    Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id