Arsip

Followers

Hati-Hati Dengan Spam Email dan SMS

Teknologi Informasi merupakan salah satu bidang yang mengalami perkembangan luar biasa dan termasuk industri yang sangat dinamis. Apa yang populer saat ini, dalam waktu beberapa tahun akan tenggelam. Sebagai gambaran jika anda membeli piano 5 tahun yang lalu, sampai hari ini bentuk dan cara memainkan piano yah itu-itu saja, di pencet pakai tangan dan ada dua pedal (mirip gas dan rem) yang perlu di injak pada timing yang tepat. Tetapi lain dengan dunia IT, kalau dulu cara memasukkan data mengandalkan keyboard saja, lalu berkembang penggunakan mouse dan sekarang memasukkan data mengandalkan sentuhan jari. Hal ini juga terjadi pada pesan spam yang beredar.
Kalau untuk kalangan pengguna seluler di Indonesia sendiri sehubungan dengan spam SMS memang agak beda, karena prinsipnya “sender takes all” yang artinya operator yang mengirimkan SMS yang akan mendapatkan 100 % penghasilan dari SMS yang dikirimkan. Akibatnya para operator berlomba-lomba memberikan SMS gratis bagi pelanggannya. Sekilas hal ini kelihatannya baik hati karena membayar dua ribu rupiah saja bisa mengirimkan ribuan SMS, tetapi sebenarnya praktek yang dilakukan oleh operator ini menyebabkan banjir SMS Spam yang disalahgunakan oleh perusahaan-perusahaan Tele Marketing untuk memasarkan Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan dan promosi-promosi lainnya. Konyolnya, otoritas (BRTI) tidak berhasil meminta perusahaan telco merubah sistem “sender takes all” yang menjadi sumber masalah, tetapi yang dilakukan malah Bank Indonesia menindak Bank-Bank pengirim SMS Spam yang ternyata dilakukan oleh tenaga-tenaga outsource yang menjadikan para pengguna seluler menjadi sasaran SPAMnya. Padahal nanti dengan mudah para pelaku spam akan berubah menjadi menawarkan asuransi, multi level marketing atau layanan bisnis lainnya. Jadi para pengguna selular di Indonesia harus siap-siap makan hati menjadi korban menerima SMS spam message karena sistem “sender takes all ini”.

Demikian pula hal yang terjadi di ranah spam internet, kalau dalam 10 tahun terakhir para pengguna email dipusingkan dengan banjir spam yang masuk ke akun emailnya dan email spam yang masuk ke akun email terkadang bahkan beberapa kali lipat jumlahnya dari email yang bukan spam sehingga aplikasi anti spam sudah menjadi aplikasi wajib bagi administrator mailserver. Pertanyaannya : Apakah “penderitaan” ini sudah final dan spam saat ini hanya kita hadapi di SMS dan email ? Dalam beberapa hari terakhir ini kita mendapatkan jawabannya, spam bukan hanya muncul di SMS dan Email, tetapi aplikasi yang paling terkenal sejagad raya, Facebook kini mulai menjadi incaran para pengirim spam. Dan kali ini ancamannya tidak main-main karena korbannya mencapai ribuan pengguna Facebook

Sumber: Vaksincom

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Hati-Hati Dengan Spam Email dan SMS”

Post a Comment

There was an error in this gadget

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id