Arsip

Followers

Cara Memperbaiki Memori Ram




Anda ingin tahu cara memperbaiki memori komputer anda ??? namun tidak tahu caranya!!!! tenang saja kawan anda bisa kok nyari tahu sama om Google, disana banyak trik untuk memperbaiki memori yang rusak. Saya kali ini juga akan berbagi ilmu dengan anda mengenai cara memperbaiki memori yang rusak. Namun anda sedikit mengerti tentang ilmu elektronika karena pekerjaan ini akan menggunakan sebuah alat.
Namun sebelum anda memutuskan untuk mengerjai memori anda sebelumnya anda harus memastikan bahwa memori anda benar-benar sudah rusak, jangan sampai anda sudah mengerjai memori tapi ternyata HDD yang rusak. Lalu bagaimana untuk mengetahutinya ??? nihh baca dulu yang ini atau yang ini.
Gejala memori rusak biasanya adalah komputer yang selalu restart, komputer tidak menyala, dan komputer tidak bisa masuk ke windows.
Setelah anda memastikan bahwa memori anda yang rusak maka ikuti langkah berikut ini:

  • Matikan komputer, Cabut memor anda, pasang kembali atau dipindah slot dan nyalakan kembali komputer anda. ini biasanya berhasil untuk kerusakan memori yang ringan.
  • Jika tidak berhasil, cabut kembali memori anda dan bersihkan atau gosok pin tembaga yang berwarna kuning dengan penghapus pensil, kemudian pasang kembali.
  • Jika masih tidak nyala juga.... hhhhhhmmmmmm
  • Lakukan langkah berikut ini. Siapkan Avometer/multitester/multimeter. Jika tidak punya sah-sah saja anda pinjam ke tetangga atau ke tukang service elektronik, jangan lupa kopi sama mild-nya biar lebih rileks n santai.

    1. Bersihkan memori anda dengan cara menggosok pin-pin memory tersebut dengan kain dengan tujuan membersihkan, Lebih baik di beri Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu, dan gosok dengan kain untuk memancing ion-ion pada pin memori menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif.
    2. Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100K…
    3. Ambil jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
  • Selesai... sedot kopi dan bakar ujung Class Mild anda sebelum melihat hasil karya anda.
  • Silahkan pasang kembali memori anda dan nyalakan komputer, jika berhasil maka si kompi harus menyala, namun jika tidak menyala berarti memang anda ditakdirkan untuk merogoh kocek anda untuk membeli memori baru....

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Cara Memperbaiki Memori Ram”

Post a Comment

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id