Arsip

Followers

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Menyala

Hai bro n sis ho a u, hehee, kita jumpa lagi nie. Kali ini saya akan sharing seputar service komputer. Pernahkan komputer anda mengalami kerusakan, yahh satu kata yang pantas yaitu "jengkel", karena sedang asyik-asyiknya maen game, atau udah pegel ngetik banyak, atau ada data yang urgent yang harus diselesaikan, ehhhh si kompi ngadat, mati "thek sekk" gak mau nyala. Emang dasar mesin gk bisa diajak kompromi, mau kita omelin mpe berbusa juga gak bakal ngaruh. Tapi diluar rasa jengkel itu kalau kita ambil positifnya maka terasa enjoy aja kok, dengan begitu kita akan tahu sedikit demi sedikit mengenai kerusakan komputer. Ingat gak ada pepatah mengatakan "guru yang paling bagus adalah pengalaman".
Seperti yang belum lama ini saya alami, ketika itu si kompi sedang asyik-asyiknya nglayap sama om Google tanpa dinyana dan diduga si kompi tiba-tiba mati. gak lama saya nyalain lagi tetep aja gak mau menongolkan aksinya. Akhirnya dengan sangat senang hati saya pun mulai melakukan prosedur pengecekan si kompi.
1. Tentunya saya pastikan bahwa semua kabel power sudah terhubung, kemudian saya pastikan aliran listrik sampai ke CPU dengan menggunakan tespen, chek apakah CPU ada setrumnya. Soale saya pernah mengalami kabel udah nyolok tapi CPU gak ada apa-apanya, ternyata kabelnya yang "gendeng". Chek juga monitornya rusak apa gak.
2. Ane lepas fan proc trus ane bersihin dari debu sekalian dikasih minyak semprot biar muternya kuenceng lagi, perbaikan sekalian maintenance, aji mumpung (mumpung udah dibuka).
3. Ane comot memory dari singgasananya lalu dibersihin pake kuas dan ane gosok-gosok bagian tembaganya pake penghapus pensil. Tidak lupa bersihin lubangnya juga jangan memory-nya tok.
4. Ane copot HDD lalu dibersihin sekedarnya, trus ane coba di kompi lain dan alhasil.... nyala, berarti HDD is clear.
5. Karena kompi ane pake VGA onboard jadi saya tidak chek soalnya setau saya VGA jarang rusak (bukannya gak bisa rusak lhooo), mungkin tergantung amal dan perbuatannya kali.....
6. Setelah semua prosedur diatas selesai ane coba nyalain lagi si kompi, ahhhhhh akhirnya si kompi belum menyala juga. hahahaaa, ane belum beruntung juga.
Langkah ane selanjutnya adalah melakukan clear bios, tau khan caranya ??? yahh betul, pindahkan pin jumper di Mobo dari posisi normal ke posisi clear lalu hidupkan kompi selama beberapa detik. eittsss jangan kaget bos emang gk ada tampilan apa-apa jadi biarin aja. Setelah itu cabut kabel power dan kembalikan jumper ke posisi semula lalu pasang kembali kabel power dan nyalakan lagi.
Alhasillll... si kompi belum nyala juga, ane udak agak panas nih sama doi, makanya ane sedot kopi dulu sama bakar tuh ujung Clas Mild sambil mikir-mikir berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Lalu ane ingat punya memory cadangan di brankas langsung dehh ane ngacir ke lokasi and ambil memory.
Setelah memory cadangan dibersihin ane coba pasang ke kompi dan akhirnya si kompi pun menyala, ternyata kerusakannya pada memory, dan sampai sekarangpun si kompi masih aman-aman aja. Maklum memory yang dulu tuh tidak bermerk .

Semoga bermanfaat
Sumber: Pengalaman hidup

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Cara Memperbaiki Komputer Tidak Menyala”

Post a Comment

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id