Arsip

Followers

Komputer Sering Restart





Beberapa waktu lalu ada user saya bertanya "mas kenapa ya komputerku sering restart sendiri, bahkan kadang belum masuk sistem udah restart, kalaupun bisa masuk paling bentar doang udah restart lagi". Yahh namanya komputer emang gak bisa ditebak selalu berulah ketika kita sedang asyik.
Penyebab kompi sering restart ada banyak sekali jadi gak ada kamus yang mengatakan kompi restrart pasti rusak ini atau itu, semua harus di check dulu dengan teliti baru sampai ada kesimpulan. Nahh dari beberapa pengalaman saya menangani masalah komputer sering restar sebenarnya hampir sama dengan komputer tidak mau menyala. Jadi prosedur yang saya gunakan pun hampir sama.
Dari pengalaman saya dapat saya ambil kesimpulan beberapa penyebab Komputer sering restart.

1. Komputer sering restart karena Processor kepanasan
Processor yang kepanasan (overheat) adalah salah satu penyebab utama komputer anda atau sering restart sendiri. Anda dapat melihatnya dengan beberapa cara berikut.

  • Melihat kondisi temperatur pada menu BIOS.
  • Menggunakan program monitoring temperatur yang banyak tersedia di dunia maya.
  • Mengecek dan merasakan sendiri secara manual, coba buka casing CPU anda dan rasakan sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.
Proccesor bisa panas (overheat) karena beberapa hal:
  • Fan Processor yang sudah tidak optimal (biasanya karena banyak debu)
  • Menumpuknya debu pada sirip-sirip fan Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer terbuka dan berdebu.
  • Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Pendinginnya.
  • Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.
Untuk mengatasi komputer sering restart karena Procesor kepanasan (overheat) ini kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya:
  • Senantiasa membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kuas cat yang bersih dan vacum cleaner kecil.
  • Menggunakan thermal paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dan Pendingin. Untuk thermal paste yang sudah kering sebaiknya diganti.
  • Menyimpan komputer diruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC). Seandainya terpaksa harus menyimpan komputer di ruangan yang cukup panas, maka sebaiknya lengkapi casing CPU dengan kipas angin tambahan.
  • Menggunakan program monitoring temperatur.
2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya
Penyebab lain komputer sering restart adalah kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya bagian Power Supply yang mensupply daya pada CPU. Hal ini bisa terjadi karena macet atau matinya fan yang terdapat pada power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Untuk mengeceknya bisa dengan mengganti power supply yang lain.

3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak
Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak atau sering Hang. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut. Namun setahu saya VGA card jarang rusak dibandingkan Hardware lain.

4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer ga bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.


5. Komputer sering restart karena RAM rusak
RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart bahkan tidak dapat menyala sama sekali, hal ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Saat itu komputer selalu restart ketika dinyalakan meskipun saya telah memastikan tidak ada masalah dengan hardware yang lain, bahkan tidak mau menyala dan kadang muncul Blue Screen . Saya kemudian mengganti RAM yang terpasang, dan akhirnya komputer bisa berjalan normal kembali.

6. Komputer Sering Restart karena Kerusakan Sistem
Hal ini biasanya terjadi saat booting windows, hal ini lebih disebabkan karena kerusakan pada system start up, atau istilahnya file corrupt pada windows, atau memory yang anda pakai kurang besar / rusak. Solusi : Jika rusak windows maka anda harus repair Windows anda atau lakukan instalasi ulang jika perlu, terkadang hal ini juga karena memory, saat windows restart maka CPU / Processor akan bekerja sangat kencang, jika memory tidak menunjang maka akan terjadi restart.

7. Komputer Restart karena Program Crash / Terkena Virus-Malware

Jika virus sudah menyerang komputer anda maka hal inipun bisa terjadi, karena Virus bisa mengambil sumber daya komputer, merusak sistem, menghapus file-file dalam sistem tanpa kita sadari. Maka saya sarankan menggungakan Anti Virus yang anda percaya.

Demikian beberapa kemungkinan yang bisa terjadi jika komputer anda sering restart.


ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Komputer Sering Restart”

Post a Comment

There was an error in this gadget

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id