Arsip

Followers

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan





Manfaat internet di bidang pendidikan
Dunia semakin canggih, setiap hari muncul produk teknologi baru yang semakin mempermudah pekerjaan manusia. Hal-hal yang dianggap tidak mungkin bisa terjadi kini dengan mudah diubah menjadi nyata, dan yang tidak bisa kita lakukan bisa dilakukan dengan mudah dengan adanya teknologi. Internet merupakan salah satu produk teknologi yang menjadikan dunia bulat ini menjadi datar. Kita dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang untuk berbagai keperluan hidup. Begitu juga halnya dengan kegiatan pendidikan, maka kita sangat mengakui manfaat internet di bidang pendidikan sangatlah besar.

Dengan adanya internet, maka proses pendidikan semakin terbuka dan memungkinkan eksplorasi secara maksimal. Manfaat internet di bidang pendidikan dapat kita rasakan ketika kita menghadapi permasalahan atas materi atau proses pendidikan dan pembelajaran yang kita jalani, saat itulah kita dengan mudah dapat memperoleh bantuan atau dukungan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Karena semua sudah tersedia di Internet hanya saja kita yang harus mencarinya.

Ketika kita mendapat kesulitan mengenai materi pelajaran, maka kita dapat mencari tambahan informasi di internet. Jika internet dan jaringannya kita jadikan media pembelajaran, maka proses dapat lebih praktis. Tetapi, kita berbenturan pada keterbatasan sarana dan prasarana pendukung. Seperti kita tahu bahwa harga komputer masih terlalu mahal bagi sebagian masyarakat. Akses Internet juga masih dirasakan mahal oleh masyarakat. Namun keterbatasan yang kita miliki bukan satu halangan untuk meningkatkan kemampuan secara cepat dan tepat.

Ketika materi perihal internet menjadi salah satu bagian dari kompetensi keahlian, maka semua orang berusaha untuk menguasai dan memahaminya. Berbagai pelatihan dasar diikuti untuk dapat memperoleh pengetahuan atau keterampilan terkait dengan internet. Apalagi di Era Globalisasi saat ini, kompetensi sangat dibutuhkan setiap orang untuk mampu bersaing di dunia yang semakin maju ini. jika siswa memahami eksistensi dari internet, maka mereka segara dapat bersikap terhadap internet tersebut.

Beberapa manfaat internet di bidang pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Sumber Pembelajaran
Internet sebenarnya jika kita analisa kasar saja, adalah sebuah perpustakaan online yang luar biasa besarnya. Apapun yang kita inginkan dapat kita temukan dan peroleh secara cepat dan tepat, jika kita merasa kurang puas dengan penjelasan yang diberikan oleh guru, atau ingin menggali lebih jauh lagi maka kita dapat menambah pengetahuan tersebut dari internet.
Dalam waktu yang sangat cepat, kita dapat memperoleh apa yang kita perlukan, dari masalah yang dianggap remeh sampai pada masalah yang rumit dan besar. Dengan demikian, maka jelas bagi kita manfaat internet di bidang pendidikan.

2. Tempat Eksplorasi Kemampuan
Internet itu merupakan tempat mengeksplorasi kemampuan diri. Dengan internet, maka kita dapat menunjukkan kepada khalayak atas kemampuan yang ada di dalam diri kita. Seperti kita ketahui, sangat banyak siswa kita yang mempunyai kemampuan terpendam. Keterpendamannya adalah karena mereka belum menemukan tempat atau wadah menuangkan kreativitasnya.
Salah satu bentuk eksplorasi internet dalam kegiatan pendidikan adalah blogger. Dengan memanfaatkan blogger, maka siswa dapat mengaktualisasikan kemampuan dirinya, terutama dalam bidang tulis menulis, setidaknya membuat catatan harian. Anak-anak yang mempunyai potensi dapat menggunakan fasilitas blog ini untuk menuangkan karya tulisnya. Dan, guru dapat melakukan penilaian setiap saat, atau secara online tanpa harus menilai sekumpulan makalah.

3. Media Pembelajaran interaktif
Internet juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif, artinya jika guru dan siswa online secara bersama-sama, maka pada saat itulah mereka dapat saling sharing. Tentunya dalam kondisi seperti ini, maka tingkat keikutsertaan siswa lebih tinggi. Mereka juga mengikuti proses secara ringan sebab tidak berhadapan langsung dengan guru.

4. Media Kewirausahaan
Terkait dengan pembekalan seutuhnya bagi siswa, maka internet dapat dimanfaatkan sebagai media kewirausahaan. Hal ini karena kita dapat melakukan proses usaha melalui internet. Ada banyak orang yang sukses dengan memanfaatkan internet secara maksimal. Ini merupakan peluang usaha yang masih terbuka luas. Di kota besar proses jual beli barang sudah dilakukan melalui internet karena lebih praktis, hemat biaya, waktu dan tenaga.

ARTKEL TERKAIT



Komentar :

ada 0 comments ke “Manfaat Internet di Bidang Pendidikan”

Post a Comment

Zona On Facebook

Populer

Aneka Bisnis

 
Powered by Blogger.com | 2008 Copyright Cah Semarang Weblog | E-mail: ari.complex@yahoo.co.id